Buka Setiap Hari Senin - Sabtu. Pukul 07.00 - 16.00 WIB.
Menu
Produk
Beranda » Berita » KOPWANTERA MENGGELAR RAT DI BULAN JANUARI

KOPWANTERA MENGGELAR RAT DI BULAN JANUARI

Dipublish pada 15 Februari 2020 | Dilihat sebanyak 828 kali | Kategori: Berita

Menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di minggu kedua atau ketiga di bulan januari sudah menjadi sebuah komitmen bagi jajaran pengurus dan anggota Kopwantera. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2020 RAT Kopwantera ke-15 Tahun Buku 2019 digelar di Banny Function Hall – Banny Ressidence Cikunir Bekasi. Jumlah anggota yang semakin meningkat tidak memungkinkan lagi dapat menampung anggota dalam pelaksanaan RAT di kantor Kopwantera.

Tema yang diusung pada RAT kali ini adalah “Jatidiri Koperasi jadi pedoman bagi pengembangan usaha non-simpan Pinjam Kopwantera dalam upaya menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat”. Rapat Anggota yang dihadiri oleh 289 anggota dari 490 anggota aktif, juga dihadiri para pejabat terkait. Antara lain Sekda Pemkot Bekasi Dr. Hj. Renny Hendrawati, MM; Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi, Wakil Ketua Umum Dekopin, Dekopinda dan BKWK Dekopinda Kota Bekasi. Tidak santai seperti RAT tahun-tahun sebelumnya, pada rapat kali ini sedikit berbeda, rapat berjalan dengan khidmat, baik peserta maupun tamu undangan  mengikuti jalannya rapat dari awal hingga selesai.

Dalam pengantarnya, ketua Kopwantera Dra. Hj. Yatti Surtiyati Arief menyampaikan laporan perkembangan koperasi, baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Secara Kuantitatif terjadi  peningkatan secara signifikat dalam kegiatan usaha. Peningkatan jumlah anggota koperasi dalam setahun terakhir ini berbanding lurus dengan peningkatan Modal, Volume usaha, Laba Koperasi  dan Asset koperasi. Masing-masing meningkat sebesar 19,5% (modal usaha), 20,6% (volume usaha), 69,9% (laba) dan 11,9% Asset (dari asset Rp.4,86M tahun 2018 meningkat menjadi Rp.5,43M tahun 2019).  Program Kelompok KASIH IBU yang telah diterapkan di awal tahun 2018, telah berdampak positif terhadap penambahan jumlah anggota. Sepanjang tahun 2019 terjadi penambahan anggota sebesar 151 orang dan total anggota kelompok yang sudah bergabung di kopwantera adalah sebanyak 18 Kelompok (atau 171 orang)

Secara kualitatif, di tahun 2019 terjadi  peningkatan jumlah anggota yang lebih berkualitas. Disamping itu kinerja koperasi semakin baik, dengan didukung tenaga kerja tetap dan  tidak tetap (generasi muda yang tergabung dalam team kreatif dan team IT), sesuai dengan kompetensinya. Kunjungan tamu dari luar (antara lain dari kabupaten Bone – Sulawesi Selatan dan dari IPEMI Bekasi) yang melakukan study banding mengindikasikan makin dikenalnya koperasi secara Nasional. Penghargaan yang diterima tahun 2019 melengkapi penghargaan-penghargaan yang sudah diterima sebelumnya. Kolaborasi  dengan koperasi lain, yang merupakan agenda kerja kopwantera telah terealisasi di tahun 2019 dengan terbentuknya koperasi sekunder tingkat Kota Bekasi, dan ketua Kopwantera menjabat sebagai Bendahara. Modernisasi Koperasi  Wanita Sejahtera melalui pemanfaatan aplikasi berbasis online dan pembuatan website kopwantera merupakan langkah maju lainnya.

Rencana kedepan, selain memantapkan program-program yang sudah berjalan (yaitu Unit Simpan Pinjam sebagai core business), kopwantera berencana menggarap  sektor non-simpan pinjam (sektor riil), antara lain akan  mengembangkan home industri. Program selama 5 tahun kedepan dan target capaiannya, di bawah naungan Rumah Produksi Kopwantera telah disampaikan pula dalam Rapat Anggota Tahunan tersebut, dan mendapat persetujuan dari anggota sebagai pemilik koperasi.

Pada kesempatan yang sama, ketua kopwantera melaunching  buku denga judul  “Dari Bekasi Menjadi Indonesia ke Mancanegara, Koperasi Wanita Sejahtera Mengisi Putaran Waktu” dan menyerahkannya kepada Sekda Kota Bekasi dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi. Buku tersebut ditulis sendiri oleh ketua Kopwantera, yang berisi  tentang model pengembangan koperasi wanita di lingkungan masyarakat ala Kopwantera yang sarat dengan nilai-nilai dan jatidiri koperasi , dengan harapan  bisa dijadikan salah satu model pemberdayaan koperasi-koperasi di kota Bekasi. Buku  tersebut dilengkapi dengan kata sambutan dari Ketum Dekopin (H.AM. Nurdin Halid), Sesmeneg Kemenkop dan UKM RI (Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si.) serta Ketua Majelis Pakar Dekopin (M. Sularso) berisi pedoman, contoh kasus dan contoh administrasi yang bisa dijadikan panduan bagi koperasi  masyarakat.

Pada kesempatan yang sama pula, para pengurus dan anggota mendengarkan sambutan dan arahan dari ibu Sekda Kota Bekasi yang mengapresiasi dan menyambut positif keberadaan Koperasi Wanita Sejahtera di tengah masyarakat kota Bekasi. Juga dari Waketum Dekopin yang menyampaikan bahwa saat ini modernisasi koperasi sudah menjadi satu keniscayaan. Begitu halnya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi, selalu menjadikan Kopwantera sebagai salah satu koperasi percontohan yang berada di lingkungan masyarakat Kota Bekasi. Di akhir acara, dilakukan pengundian doorprise menarik bagi anggota yang hadir.

Bersama Kabid Dekopinda Kota Bekasi, Waketum Dekopin, Ketua BKWK Kota Bekasi dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi

Pengundian doorprise yang rutin dilakukan saat RAT, Empat hadiah dari puluhan hadiah menarik yang diundi di akhir acara.

 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

“Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1444 H”

Dipublish pada 21 April 2023 | Dilihat sebanyak 215 kali | Kategori: Berita

Alhamdulillah tak terasa ternyata sebulan penuh kita menjalankan Ibadah Puasa di tahun 2023, dan saatnya kita meraih kemenangan dengan menyambut Hari Raya yang ditunggu – tunggu. Pengurus, Pengawas dan Karyawan Kopwantera, mengucapkan : “Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal... selengkapnya

Konglomerasi Usaha Rakyat dengan Koperasi Venture Builder

Dipublish pada 29 Februari 2020 | Dilihat sebanyak 676 kali | Kategori: Berita

Oleh: Firdaus Putra, HC. Usaha mikro dan kecil di Indonesia jumlahnya mencapai 98,7% dan 1,2%. Puluhan tahun mereka berada level itu saja dan sulit untuk naik kelas. UKMIndonesia.id, sebuah prakarsa kolaboratif Universitas Indonesia dan Kementerian Koperasi dan UKM serta berbagai... selengkapnya

KOPWANTERA DAN PANDEMI COVID-19

Dipublish pada 17 April 2020 | Dilihat sebanyak 1.168 kali | Kategori: Berita

Epidemi Corona di Indonesia yang mulai merebak di  awal Maret 2020, di negara lain sudah terjadi sejak Januari 2020, sangat berdampak terhadap kegiatan usaha koperasi dan anggotanya. Pandemik Covid-19  adalah wabah global yang lama kejadiannya belum bisa diprediksi, khususnya di... selengkapnya

Alamat Koperasi

JL. Nusantara Raya Blok B8/No.5 Perum. Taman Cikunir Indah – Jakamulya Kec. Bekasi Selatan Kota Bekasi 17146 – Jawa Barat